(I.) Soal Pilihan Ganda
1. Berikut ini adalah
contoh implementasi perancangan interface yang sesuai
dengan konsep yang dirintis oleh Ben Shneiderman, kecuali ……………..
A. Adanya pointing dengan mouse
B. Teknologi surface computing
C. Aplikasi
Touch-screen
D. Teknologi Teleimmersion
2. Pembuatan prototype
suatu sistem merupakan implementasi dari konsep ……….
A. Deductive reasoning
B. Abductive reasoning
C. Inductive reasoning
D. Trial and error
3. Berikut ini adalah
contoh penerapan beberapa gaya interaksi antara user
dengan sistem, kecuali ……………….
A. Speech recognition
B. XML pada web-services
C.
Tool box pada aplikasi grafis
D. Hyperlink di web
4. Contoh langkah
antisipasi untuk meminimalisir kesalahan (mistake) user dalam
berinteraksi dengan sistem adalah dengan …………….
A. Memberi jarak antar icon
B. Memilih ukuran toolbar yang nyaman untuk dilihat
C. Memilih kontras warna yang jelas pada button
D. Membuat manual dan
help dari sistem
(II.) Soal Essay
1. Suatu sistem dapat
disebut sebagai sistem yang interaktif jika sistem tersebut :
Jawab :
memberikan sarana komunikasi 2 (dua) arah dengan user yang berinteraksi
menggunakan sistem tersebut, sehingga terjadi pertukaran message antara
sistem dengan user.
2. Sebutkan 1 (satu) contoh
kasus Individual Differences pada aspek non-fisik yang perlu diperhatikan pada
saat proses perancangan suatu sistem !
Jawab :
-> Perbedaan gender (kasus : Pria VS Wanita)
-> Perbedaan usia (kasus : anak-anak VS orang dewasa)
-> Perbedaan kondisi mental (kasus : anak autis)
-> Perbedaan tingkat pendidikan
-> Perbedaan latar belakang agama, budaya
-> Dan masih banyak lagi..
3. Sebutkan 1 (satu) contoh
penerapan konsep Ergonomis pada konteks yang terkait dengan pengaturan elemen
control & display !
Jawab :
Contoh sangat banyak, bisa mengambil salah satu model pengaturan
elemen-elemen interface (button, toolbar, toolbox, icon, dan sebagainya)
pada tampilan suatu interface, atau mengambil contoh pengaturan elemen
control pada desain fisik suatu device (pengaturan keypad pada handphone,
tombol pada remote, gamepad khusus untuk game tertentu, dan
sebagainya).
4. Sebutkan 3 (hal) yang menjadi fokus perhatian utama seorang perancang
sistem ketika akan mengimplementasikan menu pada tampilan suatu sistem !
Jawab :
-> Jenis menu apa yang akan digunakan
-> Fitur atau fungsi apa saja yang akan dimasukkan ke alam menu
-> Pemilihan kata/istilah yang akan digunakan dalam menu
-> Pengelompokan menu-menu yang sejenis
-> Pemilihan shortcut keyboard yang akan digunakan untuk mengakses
menu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar